BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
ProgramBimbingan dan Konseling (BK) merupakan bagian yang terpadu dari keseluruhan
program pendidikan di sekolah. Oleh karena itu, upaya guru BK maupun berbagai
aspek yang terlingkup dalam program merupakan bagian yang tidak terpisahkan
dari seluruh kegiatan yang diarahkan kepada pencapaian tujuan pendidikan di
SMAN 1 Pandaan.
Sebagai
bagian yang terpadu, program bimbingan dan konseling diarahkan kepada upaya
yang memfasilitasi siswa untuk mengenal dan menerima dirinya sendiri serta
lingkungannya secara positif dan dinamis, dan mampu mengambil keputusan yang
bertanggung jawab, mengembangkan serta mewujudkan diri secara efektif dan
produktif, sesuai dengan peranan yang diinginkan di masa depan, serta
menyangkut upaya memfasilitasi peserta didik agar mampu mengembangkan potensi
dirinya atau mencapai tugas-tugas perkembangannya.
Salah satu tugas
BK di SMAN 1 Pandaan adalah memberikan layanan responsive yang berfungsi untuk membantu menyelesaikan masalah
siswa. Untuk melaksanakan layanan responsive
BK masih menunggu informasi dari pihak yang berkaitan ataupun dari siswa itu
sendiri. Penyampaian masalah juga terbatas pada jam sekolah sehingga ketika ada
siswa yang mengalami masalah diluar jam sekolah BK kesulitan untuk membantu menyelesaikannya.
Layanan
lain di BK SMAN 1 Pandaan yaitu mengumpulkan data yang berkaitan dengan pribadi
siswa dan kelanjutan studi setelah lulus entah itu bekerja atau melanjutkan
kuliah. Untuk menanggapi kelanjutan studi ini pihak sekolah memberikan informasi
kepada setiap siswa melalui media ketua kelas atau lewat papan pengumuman.
Pemberian informasi ini sering mengalami kendala karena tidak adanya komunikasi
antara BK dengan siswa sehingga banyak informasi yang tidak diketahui ataupun
kurang dimengerti.
Tugas lain
dari BK adalah membuat laporan administrasi seperti data pribadi siswa, daftar
siswa asuh, laporan konseling individu, rekap konseling dan laporan
administrasi lain yang mungkin dibutuhkan. Pembuatan kebutuhan administrasi ini
kebanyakan masih dilakukan dengan tulis tangan. Untuk melaksanakan tugas
administrasi ini BK sudah dibantu aplikasi yaitu, Microsoft Excel dan Sistem
Inforasi Manajerial Bimbingan Konseling (SIMBK).
Microsoft
Excel digunakan untuk memasukkan data yang didapat oleh guru BK lewat angket
yang mereka sebarkan. Angket ini masih berupa angket manual yang mereka harus
memasukkan manual setiap data yang mereka peroleh ke dalam Microsoft Excel.
Kegiatan yang dilakukan oleh guru BK ini memiliki kendala yaitu sering teradi
kesalahan ketika memasukan data yang mereka peroleh. Pemasukan data juga
memerlukan waktu yang lama.
SIMBK yang
digunakan SMAN 1 Pandaan merupakan program berbasis desktop untuk menyelesaikan masalah administrasi perserta didik. SIMBK
memiliki menu file, entri data, laporan, dan help. Menu file berfungsi untuk profil dan kebutuhan yang lain. Entri data berfungsi untuk memasukkan siswa ke
dalam database SIMBK. Menu laporan berfungsi untuk membuat laporan dari entri data yang dilakukan. Menu help berfungsi untuk mengetahui cara
kerja dan pembuat dari SIMBK.
SIMBK
memiliki menu yang dapat membantu
layanan administrasi SIMBK tetapi tidak digunakan oleh BK SMAN 1 Pandaan. Hal
ini disebakan karena SIMBK berbasis desktop
sehingga tidak dapat diakses dengan mudah oleh peserta didik. Database siswa baru yang terdapat di
sekolah juga tidak maksimal ketika dimasukkan ke dalam SIMBK. SIMBK juga hanya
difasilitasi layanan administrasi sehingga kebutuhan lain BK tidak
terpenuhi.
Salah satu
fasilitas yang cukup baik terdapat di SMAN 1 Pandaan adalah jaringan internet
dan komputer. Jaringan internet di SMAN 1 Pandaan sudah hampir mencakup semua
sekolah. Guru BK di SMAN 1 Padaan juga mempunyai dan dapat mengoperasikan
komputer.
Berdasarkan
permasalahan yang ada dan sarana prasaran yang telah memadai, solusi yang
digunakan adalah membuat sebuah Sistem Informasi Bimbingan Konseling (SIBK) berbasis
website untuk SMAN 1 Pandaan. Hal ini dikarenakan SMAN 1 Pandaan sudah
memiliki jaringan internet yang memadai. Sistem ini nantinya akan memiliki
layanan tambahan yang tidak dimiliki oleh SIMBK. Akan ada layanan berita, responsive, dan administrasi.
Layanan
berita akan berisikan informasi yang ingin diberitahukan Guru BK kepada
perserta didik. Informasi ini dapat berupa siswa yang sukses melakukan
bimbingan di SMAN 1 Pandaan, daftar siswa yang diterima pada PTN, atau
pengumuman-pengumuman lain yang ingin BK informasikan kepada peserta didik.
Layanan responsive akan memiliki
sebuah halaman yang berbeda dan memiliki menu login untuk memasukinya. Hal ini
dikarenakan layanan responsive harus dijaga kerahasiaannya. Yang
terahir adalah layanan administrasi, layanan ini tidak jauh berbeda sengan
layanan adiminintrasi SIMBK akan tetapi akan lebih disesuaikan dengan format
sekolah dan kebutuhan sekolah.
Dengan
adanya website bimbingan konseling, diharapkan segala kegiatan yang dilakukan
oleh BK SMAN 1 Pandaan dapat meminimalisir kesalahan yang dibuat sebelumnya.
Selain itu diharapkan setiap tugas dari guru BK dapat berjalan dengan maksimal.
Baca juga lanjutannya : http://kabar-kuliah.blogspot.co.id/search/label/asumsi%20keterbatasan
Baca juga lanjutannya : http://kabar-kuliah.blogspot.co.id/search/label/asumsi%20keterbatasan
No comments:
Post a Comment